Online Shop - Tire Collection

ANGKASA BAN

Online SHOP ANGKASA

Menyediakan Berbagai Merk dan Tipe Ban

Fungsi ban mobil Melihat bentuk fisik dari sebuah mobil maka AutoFamily langsung melihat bagian ini. Apa yang dimaksud? Tentu saja ban mobil.

Dengan empat ban yang masing-masing ada dua di bagian depan dan belakang, mobil bisa berjalan dengan baik. Namun sebenarnya masih ada fungsi ban mobil yang sayangnya jarang disadari.

Ya, kalau AutoFamily berpikir bahwa ban hanya berguna untuk membuat mobil bisa berjalan dengan mudah, maka itu adalah penilaian yang salah. 

Masih ada banyak fungsi ban mobil yang berhubungan dengan sistem kerja dari kendaraan ini. Untuk tahu lebih dalam tentang ban mobil beserta fungsinya, simak rangkumannya hanya untuk AutoFamily di bawah ini.

Fungsi Ban Mobil yang Jarang Disadari

Ban adalah bagian dari kendaraan yang pada dasarnya sangat penting atau bahkan paling penting dari semua bagian kendaraan.

Masih ada banyak fungsi ban mobil yang berhubungan dengan sistem kerja dari kendaraan ini. Untuk tahu lebih dalam tentang ban mobil beserta fungsinya, simak rangkumannya hanya untuk AutoFamily di bawah ini.

 

1. Menahan Beban

Fungsi ban mobil yang pertama adalah menahan beban. Mengapa untuk menahan beban? Dengan berat mobil yang cukup besar, apalagi ketika ditambah para penumpang, maka ban mobil sangat membantu proses pemakaian. 

Untuk fungsi ini sendiri yang paling berpengaruh adalah tekanan angin. Berkat tekanan angin ideal yang ada di masing-masing ban mobil, si karet bundar akhirnya bisa menopang berat kendaraan beserta muatan dengan lebih baik. Untuk itu Anda perlu memahami apa saja tanda umur ban mobil sudah tua dan wajib diganti.

2. Meredam Guncangan


Selain menahan beban, ban mobil juga bisa meredam guncangan. Memang sudah ada suspensi, namun tidak hanya perlu itu saja dalam usaha meredam guncangan. 

Tekanan angin serta tipe ban sangat berpengaruh dalam urusan ini. Ketika mobil menerima guncangan dikarenakan beragam penyebab, seperti jalan yang tidak rata, maka bagian pertama untuk meredam goncangan adalah ban mobil.

Setelah itu baru kembali diredam oleh suspensi. Sistem kerja ini akhirnya membuat Anda tidak terlalu merasakan guncangan yang terlalu kuat.

3. Meneruskan Tenaga dari Mesin

Fungsi ban mobil lainnya adalah meneruskan tenaga dari mesin. Gaya gerak dan pengereman yang dilakukan oleh Anda lalu dilanjutkan ke bagian mesin bisa direspon oleh ban.

Fungsi ini juga berkaitan dengan bagaimana kinerja pengereman dan traksi. Dipengaruhi pula oleh pattern atau kembangan dari ban. Jadi kombinasi pekerjaan yang ada di tiap komponen membuat mobil bisa berfungsi secara maksimal setiap harinya.

4. Memaksimalkan Fungsi Kemudi

Dengan perintah yang diberikan via kemudi atau setir, maka ban bisa mengontrol arah kendaraan dengan optimal. Tanpa adanya ban, maka perintah yang Anda lakukan via kemudi tidak akan bisa berjalan.